6 Alasan Kenapa Tunangan Harus Dilakukan Sebelum Menuju Ke Pernikahan


Ketika kamu serius dalam hubungan pastinya ingin menuju ke pernikahan. akan tetapi sebelum menuju ke pernikahan biasanya melakukan sebuah pertunangan. Sebagian orang acara tunangan merupakan hal yang tidak wajib karena akan mengeluarkan biaya lagi sebelum pernikahan. . Jika sudah melakukan pertunangan biasanya sudah ada percakapan antar kedua keluarga tersebut. Pertunangan biasanya dilakukan dengan secara private yang hanya mengundang sahabat dan keluarga dekat. Proses tunangan dilakukan dengan cara memasang cincin tunangan ke jari manis sang wanita.

Sebelum kamu melakukan proses tunangan, kamu harus mempersiapkan segala yang diperlukan seperti baju yang harus dipakai saat acara tunangan tersebut. Dengan proses tunangan yang berjalan dengan lancar berarti jodohmu sudah dekat. Hal yang harus diperhatikan saat pertunangan adalah cincin tunangan. Sebelum kamu membeli cincin tunangan ada baiknya kamu mengetahui ukuran jari calon istrimu. Jika cincin tersebut kekecilan atau kebesaran maka acara tersebut sedikit terganggu karena kamu memesan cincin yang salah. Ada baiknya konsultasi terlebih dahulu dengan calonmu sebelum kamu membeli cincinnya. Tanyakan desain cincin seperti apa yang dia suka dan bahan apa yang dia inginkan. Biasanya dalam memilih cincin tunangan keluarga calon wanita juga ikut campur dalam menentukan cincin seperti apa yang di inginkan. Nah, inilah beberapa alasan kenapa pertunangan harus dilakukan menjelang pernikahan.

1. Menunjukan seorang pria tersebut serius untuk menikahi pasangannya

Dengan adanya acara tunangan maka, kamu sebagai seorang pria sudah menunjukkan kepada kedua orang tua wanita bahwa kamu serius untuk menikahi putrinya. Selain untuk menujukkan kepada orang tua kamu juga menujukkan kepada teman-teman atau sahabatmu bahwa hubungan kalian sudah menuju ke jenjang serius. Dengan demikian orang terdekatmu bisa mendoakanmu agar semuanya berjalan dengan lancar. Cincin tunangan juga menunjukkan bahwa kamu tidak boleh lagi melirik sana sini karena hubungan kalian sudah berganti status.

2. Agar ada kenangan saat sudah berkeluarga

Jika ada proses tunangan atau lamaran maka ada yang bisa dikenang dan bisa diceritakan kepada anaknya nanti. Tunangan bisa menjadi perekat pasangan ketika sdeang dilanda masalah saat baru berkeluarga. Jika melakukan tunangan ada kenangan yang bisa diingat ketika kamu dan dia sudah tidak lagi muda.

3. Tuntutan dari orang tua wanita

Biasanya yang semangat dalam menggelar sebuah tunangan adalah dari keluarga wanitanya. Hal ini dikarenakan kedua orang tua tersebut ingin melihat kesungguhan calon suami anaknya. Jika memang lelaki tersebut merupakan orang baik maka untuk mendapatkan hati keluarganya apapun akan dilakukan. Toh, tidak ada salahnya jika memang kemauan dari kedua orang tuanya dan demi menyenangkan hati mereka. Perihal menikah bukan hanya kedua memperlai akan tetapi kedua keluarga pun harus bersatu.

4. Tunangan sebagai penjajakan antar kedua mempelai

Dalam memilih teman hidup untuk selamanya tentu kamu tidak ingin sembarangan. Kamu harus memilih yang tepat karena kamu akan bersama dia selamanya. Sebagai kepala rumah tanggamu nantinya apakah dia orang yang bertanggung jawab dan sayang sama keluarganya. Kamu dan dia harus benar-benar saling mengenal agar rumah tangga yang akan dibangun akan bertahan selamanya sampai maut yang memisahkan. Nah, tunangan ini bisa menjadi penjajakan untuk saling mengenal satu sama lain. Jangan sampai menyesal karena menikah bukan suatu yang main-main. Tidak ada salahnya melakukan tunangan jika itu diperlukan dan calon suami mu sanggup untuk melakukannya.

Nah, hal diatas merupakan alsan kenapa tunangan harus dilakukan. Jika memang sudah mantap untuk menikah maka kamu dan dia harus bersiap-siap mencari berbagi perlengkapan untuk nikah. Salah satu hal yang harus kalian lakukan adalah mencari model cincin kawin yang kalian idamkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *