Tips Memilih Powerbank Termurah Sekaligus Terbaik

Dahulu sebelum ada teknologi powerbank, jika seseorang kehabisan daya ponsel, maka mereka harus melakukan charge ke stop contact terdekat. Namun, setelah lahir powerbank, kapan pun dan di mana pun Anda bisa mengisi daya dengan bebas. Sangat pas untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan sering berada di luar ruangan. Powerbank sendiri adalah sebauh perangkat yang dibuat dengan menggabungkan karbon dan campuran alumunium.

Powerbank tentu dilengkapi dengan port USB sebagai sarana untuk memindahkan daya dari baterai powerbank ke ponsel Anda. Salah satu barang wajib bagi para pengguna gadget, apalagi jika gadget-gadget Anda terkenal boros dan memiliki kapasitas baterai terbatas. Oleh karenanya, powerbank menjadi perangkat yang tepat untuk Anda.

Powerbank tersedia dalam berbagai ragam merek, jenis, dan spesifikasi, sehingga kemungkinan besar Anda akan bingung untuk menentukan mana yang cocok untuk Anda. Tak hanya merek, tetapi kualitas dari tiap-tiap produknya juga perlu menjadi pertimbangan mendasar dalam memilih. Tak selalu harga mahal menjamin kualitas, begitu juga sebaliknya, tak selalu harga murah berarti kualitas rendah. Ada begitu banyak faktor penentu yang bisa menjadikan sebuah powerbank menjadi layak atau tidak untuk dibeli.

harga powerbank asus zenpower

Tips Memilih Powerbank Terbaik

Kali ini kita akan membahas mengenai cara-cara untuk memilih powebank yang cocok bagi Anda, dengan kapasitas yang mumpuni serta harga yang nyaman di kantong. Berikut adalah tips-tips mudah untuk mementukan powerbank terbaik:

  1. Langkah Pertama dalam menentukan powerbank terbaik bagi Anda, adalah selalu perhatian merek dan perusahaan pembuatnya. Selalu ambil powerbank dari merek yang terpercaya. Hal itu untuk menjaga keamanan kualitas dari powerbank agar Anda tidak merasa sedang mendapatkan barang ‘zonk’. Selain itu pastikan kapasitas dan fitur perlindungannya, agar menjaga keawetan ponsel dan powerbank and.
  2. Sangat mungkin harga powerbank berbanding lurus dengan kapasitas yang dimiliknya. Semakin besar kapasitasnya semakin mahalah harganya. Jangan lupa untuk memastikan keberadaan layanan garansi dan kartu garansi. Hal itu tentunya untuk menghindari beberapa hal yang tidak dinginkan.
  3. Ketiga adalah, selalu waspada dengan harga murah. Siapa yang tidak tertarik Powerbank berkapasitas besar lagi murah, tentu saja akan menarik para pengguna gadget.Namun, jika pembeli kurang memahami produk atau minimnya product knowledge, maka akan menjadi masalah. Mengapa? Karena banyak sekali beredar powerbank palsu di pasaran. Jika Anda tak mampu mengenali perbedaannya maka hal itu akan menjadi penghambat bagi Anda.

Salah satu cara untuk mengenali produk palsu adalah dengan mengocok powerbank tersebut. Jika Anda menemukan bunyi-bunyian nyaring, maka kemungkinan besar powerbank tersebut palsu. Meski demikian, masih belum pasti bahwa jika tak ada bunyi mengindikasikan bahwa powerbank tersebut asli, tak semudah itu tentunya.

Perhatian tulisan informasi pada produk yang Anda beli. Biasanya pada powerbank asli ada tulisan informasi mengenai produk yang termpampang jelas dan melekat pada case alumunium powerbank. Pada powerbank palsu, tak biasanya informasi produk ditemukan, malahan berganti menjadikertas tempelan.

Rekomendasi Powerbank Untuk Anda

Jika Anda sedang mencari powerbank yang memiliki spesifikasi terbaik, maka kami akan mengulas sedikit mengenai beberapa jenis yang terbaik di kelasnya. Berikut adalah empat powerbank yang memiliki kemampuan penunjang daya terhebat:

  • Sony Portable Charger CP-F5 CycleEnergy 5000mAH

Sebagai perusahaan yang berdiri sejak tahun 1946, Sony tak henti-hentinya membuat beberapa perangkat dan gadget serta aksesoris yang tak bisa diragukan lagi kualitasnya. Sebut saja Powerbank Sony CP-F5, yang digadang-gadang sebagai powerbank terbaik karena mampu bertahan selama 500 kali charge. Hal itu berarti setelah 500 kali pengisian daya, powerbank tadi tidak lagi berkapasitas awal 5000 mAh. Walau demikian itu adalah angka yang fantastis, karena jarang ada powerbank yang tahan hingga dua tahun pemakaian tanpa menurun daya tampungnya.

  • Asus ZenPower 10050 mAH

Di urutan selanjutanya, ada Asus ZenPower 10050 mAh, powerbank terbaik yang berasal dari produsen asal Taiwan, Asus. Powerbank ini menjadi salah satu yang terbaik di dunia karena memiliki kelebihan yakni waktu pengisian daya yang jauh lebih cepat. Hal itu berkat teknologi terkini, fast charging, yang memungkinkan suatu baterai terisi daya dalam hitungan menit. Apalagi jika dipadukan dengan gadget Asus lainnya seperti Zenfone series, maka fitur tersebut akan jauh lebih terasa.

  • Yoobao Powerbank

Yoobao salah satuprodusen powerbank yang sudah lama dikenal serta meluncurkan produk powerbank-nya dalam berbagai pilihan kapasitas. Merek ini adalah yang paling banyak memiliki varian kapasitas. Selain harganya yang terjangkau, tentunya dengan ragam pilihan kapasitas akan memperbanyak opsi Anda. Apalagi fakta bahwa produk Yoobao adalah salah satu yang terbaik di kelasnya.

  • Xiaomi Power bank 10400 mAH

Terakhir ditempati oleh merek asal negeri tirai bambu yang beberapa tahun terakhir berhasil melejitkan namanya di penjutu Indonesia. Siapa lagi jika bukan Xiaomi, merek entry-level yang sudah mendapatkan tempa spesial di hati masyarakat.

Tak hanya gadget komunikasi, Xiaomi juga meluncurkan perangkat pendukungnya, tentu saja bahasan kali ini adalah Powerbank-nya. Powerbank Xiaomi ada dari yang berkapasitas 5000 mAh hingga 20000 mAh. Diantara kesemuanya, Powerbank Xiaomi 10400 mAh adalah yang paling populer dan dinlai paling baik.

Namun Anda harus berhati-hati karena tidak semua Xiaomi yang beredar adalah asli. Berikut adalah beberapa catatan untuk membedakan antara yang asli dengan yang palsu. Pertama adalah pada powerbank asli, selubung kemasan akan sulit untuk disobek. Powerbank Xiaomi 10400 mAh dipasarkan dalam dua macam kemasan.

Pertama, adalah plastik transparan yang keras atau akrilik. Di dalam akan ditemukanPowerbank berikut kabel charger-nya yang disematkan ke dalam kotak akrilik,dan dibalut debfab kertas warna putih. Kedua, adalah kemasan kardus, tipis, tetapi selubung powerbank asli akan sulit disobek. Sedangkan selubung pada produk palsu akan sangat mudah untuk disobek, bisa dibilang seperti sedang menyobek kertas parkir.

Cara lain membedakannya adalah memastikan bawah konektor memiliki warna seputih beras. Satu konektor untuk micro USB serta sebuah port USB ada powerbank ini. Seharusnya, jika asli, keduanya berwarna putih beras, jika bukan hampir pasti bahwa keduanya adalah palsu.

Selanjutnya cek kabel charger, jikatidak ada Mi, maka bisa dipastikan bahwa itu asli. Hal itu dikarenakan paket penjualan dari powerbank Xiaomi 10400 sudah termasuk sebuah kabel charger putih polos tanpa adanya logo Mi. Jika ada, maka bisa dipastikan powerbank tersebut adalah imitasi.

Cara terakhir adalah memastikan funsgi Automatic Start Charging yang akan memulai proses pengisian daya setelah dihubungkan dengan gadget. Pengguna tak akan perlu menekan tombol untuk mengisi daya, karena bisa langsung mengisi sesaat setelah dicolokkan ke ponsel. Jika masih harus dinyalakan, maka ada kemungkinan powerbank tersebut rusak atau palsu.

Demikian adalah sedikit ulasan mengenai tips-tips memilih powerbank terbaik Anda, ulasan singkat mengenai powerbank kualitas tinggi, dan cara membedakan powerbank Xiaomi asli dengan yang palsu. Selalu ingat untuk berhati-hati dan membeli sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *